Apa Saja Keuntungan dari Pompa Air

Pompa air memiliki beragam tipe. Juga, tidak ada pompa yang ideal untuk setiap keadaan. Satu hal yang pasti, pompa air terutama digunakan untuk mengurangi waktu henti dari hujan lebat dan memindahkan air dari satu area ke area lain. Baca juga : alat teknik

 

Jenis Pompa Air

Hanya ada beberapa jenis pompa air; masing-masing memiliki tujuan khusus dalam bisnis atau rumah. Namun, semua jenis bertanggung jawab memindahkan air dari satu titik ke titik lain tanpa henti.

  • Pompa sumur: Pompa air jenis ini mendorong air dari sumber air bawah tanah melalui pipa yang terhubung ke rumah bisnis. Pompa air sumur juga tersedia dalam berbagai unit daya kuda. Keuntungan pompa sumur adalah Anda dapat memilih perangkat yang sesuai dengan jumlah daya kuda yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Ada juga pompa air sumur dengan tenaga kuda yang cukup untuk memasok lebih dari satu rumah atau bisnis.
  • Tangki tekanan: Pompa air jenis ini mengatur tekanan air saat memasuki rumah. Ini sangat ideal untuk area yang memiliki empat musim. Ini karena perubahan musiman dapat mengubah tekanan air Anda. Misalnya, di musim semi, salju yang mencair akan mempengaruhi tekanan air.
  • Pompa bah: Pompa air jenis ini adalah solusi ideal untuk menghilangkan kelebihan air karena hujan, mencairnya salju, dan banjir. Pompa bah biasanya dipasang di ruang bawah tanah tempat kelebihan air dapat terkumpul. Motor menyala ketika float di dalam pompa bah diaktifkan oleh level air. Motor kemudian memutar pisau yang pada gilirannya mendorong kelebihan air ke selang pembuangan dan di luar rumah atau bangunan. Selain itu, pompa bah submersible dapat mengelola air dalam jumlah besar dan terendam tanpa bahaya kekurangan listrik. Info selengkpnya baca disini

 

Jenis Utama Pompa Air

Pada dasarnya ada dua kategori utama pompa air; desain perpindahan positif dan pompa sentrifugal. Kedua jenis ini memiliki banyak pilihan yang dapat dimanfaatkan untuk yang terbaik dari kebutuhan Anda.

  • Pompa Air Pemindahan Positif: Pompa air jenis ini memasok sejumlah aliran yang tetap. Mereka ideal untuk bangunan yang memiliki padatan sensitif atau perlu mengelola cairan viskositas tinggi. Keuntungan dari jenis pompa air ini termasuk efisiensi tinggi dan penghilangan udara di jalurnya. Untuk kinerja terbaik, jarak antara tepi luar dan pompa berputar harus dekat.
  • Pompa Air Sentrifugal: Pompa air jenis ini menggunakan impeler berputar untuk memindahkan air melalui pompa. Ini kemudian menekan aliran debit. Pompa air sentrifugal dapat digunakan dengan semua cairan termasuk cairan dengan viskositas rendah. Ini adalah pompa air yang ideal untuk cairan tipis dan laju aliran tinggi. Keuntungan dari jenis pompa air ini termasuk peningkatan tekanan dari saluran intake, memiliki sumber tekanan kontinyu yang menawarkan sistem proteksi kebakaran, sempurna untuk sirkulasi air panas dengan memindahkan air dalam sistem tertutup, memiliki sakelar otomatis yang dikontrol oleh float dan tidak ada suction lift yang diperlukan.
  • Untuk kinerja optimal, sistem ini berfungsi paling baik jika cairan bersirkulasi ulang untuk menghindari pemanasan yang disebabkan oleh aliran rendah. Selain itu, pertahankan perangkat untuk mengurangi kebocoran di dekat poros putar panjang dan hindari padatan tersuspensi yang dapat merusak impeler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *